Selasa, 06 Agustus 2013

Pembuat Facebook, Yahoo, Twitter dan Sejarahnya

     Perkembangan sosial media sangat pesat. Seperi Facebook, Twitter, Yahoo dan masih banyak sosial media lainnya. Seiring berjalannya waktu, para sosial media terus meng-update fitur fitur baru sehingga tampilannya menjadi apik dan menarik. Kali ini saya akan membahas tentang pembuat Facebook, Yahoo, Twitter dan sejarahnya. Mari kita simak liputannya.

Facebook

     



















     Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
     Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.

     Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar, "Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan bermain Scrabulous sebelum Facebook diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9 juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

 Yahoo!

      Yahoo! Inc. adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat.Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya.Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!, efektif 17 Juli.Yahoo telah mengangkat satu CEO setiap tahun selama lima tahun terakhir.

     Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

     Domain www.yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

     Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. 

     Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.


Twitter
 















     Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
     Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
     Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama "Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.

Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif.
Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru dan logo berubah lagi menjadi "Larry the "Bird" pada tanggal 5 Juni 2012.

Sekian mungkin post hari ini. Mungkin hanya ingin menambahkan sedikit fakta tentang Facebook dan Twitter :

Facebook :
  1. 1 dari 13 orang di dunia saat ini memiliki sebuah akun Facebook. Lebih dari separuhnya log in setiap hari.
  2. 2% dari seluruh pencarian di Google tahun 2010 lalu mengandung kata Facebook.
  3. 4 Februari 2004 adalah tanggal ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook kala dia masih menjadi mahasiswa di Universitas Harvard.
  4. Rata-rata 8 friend request dikirimkan oleh seorang pengguna Facebook tiap bulan.
  5. Mark Zuckerberg memiliki 24% saham di Facebook. Salah satu pemilik saham yang lain adalah Microsoft dengan jumlah 1,3%.
  6. 25% perusahaan dilaporkan menolak pelamar setelah menyelidiki profil Facebook mereka.
  7. 27% user Facebook tidak menampilkan status relasi mereka
  8. 42% pria dan 63% wanita mengaku memakai Facebook untuk mencari mantan kekasih.
  9. Facebook diterjemahkan dalam 76 bahasa.
  10. Pengguna Facebook tertua berumur 104 tahun. Dia adalah Lilian Lowe yang berasal dari Wales.
  11. Rata-rata pengguna Facebook punya 130 teman.
  12. Facebook mempekerjakan 1700 karyawan di 12 negara.
  13. Sebanyak 66.168 foto ditag di Facebook setiap menit.
  14. 2.176.000 pesan privat dikirim via Facebook setiap 20 menit.
  15. 35 juta orang mengubah status Facebooknya setiap hari.
  16. 38 juta user Facebook mengunjungi halaman ‘Texas HoldEm Poker’ setiap bulan.
  17. Facebook diestimasi bernilai 32 miliar poundsterling.
  18. Sekitar 400 juta orang “login” ke facebook mereka sedikitnya sekali dalam sebulan. 50% dari mereka bahkan setiap hari login ke facebook.
  19. Facebook merupakan sensasi international, 70% penggunanya hidup di luar Amerika Serikat, sedangkan facebook sendiri memiliki lebih dari 70 pilihan bahasa.
  20. Setengah dari penduduk Denmark memiliki facebook account yang aktif. (sekitar 2.421.380 orang dari 5.484.723 total penduduk).
  21. Facebook menempati urutan kedua traffic website terbesar, setelah google di urutan pertama. youtube di posisi 3, sedangkan twitter peringkat 11, dan myspace di urutan 19.
  22. Di tahun 2006, Yahoo pernah menawarkan kepada Zuckerberg, $1 Juta untuk saham facebook tapi ditolak. Tahun 2009, facebook dibandrol dengan harga $4 Juta, sedangkan hari ini diperkirakan harganya sekitar $7.9 – $11 juta.
  23. Pages Michael Jackson di facebook berada di urutan pertama yang paling dikunjungi. Di urutan kedua, Homer Simpson, page facebook sendiri di urutan ke-3, kemudian Barrack Obama di posisi ke-4 dan Starbucks Coffee di urutan 5.
  24. Total Jumlah waktu bulanan yang telah dihabiskan semua user facebook adalah : 8,3 milyar jam.
  25. Di Inggris dan Amerika rata-rata pengguna Facebook berusia 31 tahun, namun di negara seperti India, Filipina, dan Indonesia rata-rata usia 20 tahunan.
  26. Rata-rata pengguna Facebook di Indonesia adalah 23 tahun. Negara berkembang lainnya seperti Filipina, India, dan Afrika Selatan sedikit lebih tua yakni 25 tahun.
  27. Indonesia menempati rangking kedua jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia dengan lebih dari 35 juta pengguna
  28. 48% dari pemuda berusia 18 sampai 34 tahun mengecheck Facebook ketika bangun tidur.
  29. 28% mengecheck Facebook dengan smart phones sebelum bangun dari tempat tidur.


Twitter :
  1. Butuh waktu 3 tahun, 2 bulan, dan 1 hari untuk meraih 1 miliar kicauan.
  2. Kini hanya butuh 1 minggu 1 miliar tweet mengalir di linimasa.
  3. Tahukah Anda, 10 tweet per detik me-mention Starbucks.
  4. Rata-rata pengguna Twitter berkicau sebanyak 307 kali.
  5. Tweet Barack Obama saat menang pilpres, kicauan paling banyak di-RTdengan 800 ribu lebih retweet.
  6. 32% pengguna internet berkicau di Twitter.
  7. 69% pengguna Twitter men-follow pengguna berdasar saran teman.
  8. Tahun 2012, hampir 1 juta akun tercipta saban harinya.
  9. Lady Gaga ratu Twitter sejagat dengan 33 juta pengikut.
  10. 50% pengguna Twitter menggunakan ponsel mereka tatkala berkicau.
  11. Tahun 2012 tweet di televisi meningkat hingga 800%.
  12. Rata-rata pemimpin umat beragama miliki 500 pengikut. Musisi miliki 30 ribu pengikut.
  13. 65% memutuskan belanja berdasarkan konten sosial di Twitter.
  14. 31% rata-rata pengguna smartphone menghabiskan waktu di internet lebih banyak untuk jejaring sosial daripada email.
  15. Ada 181.354 pengguna Twitter yang menuliskan media sosial di bio mereka.
  16. Lady Gaga, Justin Bieber, dan Katy Perry miliki follower lebih banyak dari penduduk Jerman, Turki, Afrika Selatan, Kanada, Argentina, dan Mesir.
  17. Rata-rata pengguna Twitter miliki 126 follower.
  18. Rata-rata akun Twitter bisnis miliki 14.709 follower.
  19. Jumlah device yang terhubung ke internet melebihi jumlah umat manusia di muka bumi.
  20. Sehari terkirim 340 juta tweet.
  21. Youtube brand dengan follower terbanyak, 19 juta pengikut.
  22. 60% pengguna Twitter adalah wanita.
  23. Rata-rata pengguna Twitter habiskan 21 menit untuk berkicau tiap bulan.
  24. 40% pengguna Twitter tak pernah bekicau satu kali.
  25. 92% retweet yang ada mengandung konten yang menarik.
  26. Dari tahun 2008-2011 karyawan Twitter membengkak hingga 5.000%.
  27. McDonald memerkerjakan 10 karyawan untuk menjalankan akun Twitter.
  28. Konten infografik miliki tingkat retweet hingga 832% daripada konten gambar dan artikel.
  29. Twitter tersedia dalam 25 bahasa.
  30. Akhir 2012, Twitter miliki pengguna aktif mencapai 200 juta.
  31. Twitter diperkirakan miliki nilai USD 11 miliar.
  32. 16% konsumen gunakan Facebook dan Twitter untuk berinteraksi dengan bisnis.
  33. 75% pemimpin dunia punya akun twitter.
  34. Terjadi pertumbuhan hingga 78% dari tahun 2011 untuk jumlah akun kepela negara, pemimpin dunia, pemuka agama, dan akun resmi pemerintah. 
Sumber : www.wikipedia.com, www.google.com

0 komentar:

Posting Komentar